Oscar Pistorius, Penyandang Cacat Pertama yang Lolos Semi Final Kejuaraan Dunia Lari

Oscar Pistorius menorehkan sejarah baru dengan berhasil lolos dalam semifinal kejuaraan dunia lari 400 meter di Daegu, Korea Selatan. Namun Pistorius bukan memecahkan rekor dalam kecepatan lari, tetapi ia merupakan pelari penyandang cacat pertama (Blade Runner) pertama yang mencapai prestasi setinggi ini.

Oscar Pistorius

Pria asal Afrika Selatan ini merupakan atlet yang diamputasi pertama untuk mengikuti kejuaraan lari di kompetisi ini, dan berhasil finish di urutan ketiga dengan catatan waktu 45,39 detik.

Diketahui, Oscar Pistorius (24) yang kedua kakinya diamputasi di bawah lutut saat ia masih berusia 11 bulan.

pelari penyandang cacat

Empat kali juara Paralympic (kejuaraan penyandang cacat) ini berhasil finish 0.1 detik dibelakang sang juara Chris Brown, dan pelari Inggris Martyn Rooney yang menempati posisi kedua.

Keikusertaan Pistorius ini mengundang perdebatan tentang apakah pisau serat karbon yang dipakainya berlari memberinya keuntungan lebih, tetapi yang pasti ia mendapatkan banyak dukungan di dalam stadion, dengan begitu banyaknya bendera Afrika Selatan yang dilambaikan serta teriakan para penonton yang mendukungnya.

“Disini saya merasa seperti atlet biasa seperti lainnya, karena semua orang melakukan pengorbanan hanya untuk berada di sini,” katanya sambil menambahkan bawa ia tidak merasa sebagai seorang perintis dalam olahraga penderita cacat.

Di tengah pertanyaan atas partisipasinya, Pistorius malah mendapat dukungan dari salah satu saingan yakni Martyn Rooney.

Oscar Pistorius

“Saya dan Oscar adalah teman baik. Dia mengatakan akan berdoa untuk saya dan hal ini tidak akan Anda dapatkan dari pesaing lainnya, ” tutur peraih medali perunggu Eropa ini.

Apakah Oscar akan kembali mencetak sejarah dengan mencapai babak final kejuaraan dunia lari 400 meter ini? Kita tunggu saja..

Sumber : http://www.berita.manadotoday.com/oscar-pistorius-penyandang-cacat-yang-mampu-lolos-semi-final-kejuaraan-dunia-lari-400-meter/7750.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s