Cara Menghindari Penyakit Hipertensi

Seorang penderita hipertensi harus menjaga tekanan darahnya, karena tekanan darah yang terus-menerus tinggi merupakan faktor risiko utama penyebab kerusakan organ-organ yang lain seperti jantung, ginjal, dan otak. Namun jangan khawatir, Anda dapat mencegah risiko hipertensi dan mempertahankan kualitas hidup Anda dengan cara-cara berikut ini.

1.      TIDAK MEROKOK

Merokok dapat merusak jantung dan menganggu sirkulasi sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2.      JAGA BERAT BADAN IDEAL

Kendalikan dan pertahankan berat badan ideal Anda dengan diet yang seimbang dan aktif beraktivitas. Dengan berat badan yang ideal, Anda dapat terlindungi dari risiko komplikasi hipertensi seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes. Selain itu, berat badan yang ideal juga akan mengurangi dosis pengobatan antihipertensi yang dibutuhkan untuk mengontrol tekanan darah. Bagi penderita hipertensi yang over weight, sebaiknya menurunkan berat badan sekitar 5-10% berat badan untuk dapat menurunkan tekanan darah.

3.      AKTIF BERAKTIVITAS
Beraktivitas atau olahraga secara rutin dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah, menurunkan tekanan darah, mempercepat penurunan berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, dan dapat mengurangi stres. Sebaiknya lakukan olahraga yang ringan-sedang (seperti jalan cepat atau berenang) selama 30 menit minimal 5 hari dalam seminggu. Untuk orang tua yang menderita hipertensi disarankan untuk mencegah aktivitas yang melibatkan pernafasan (seperti angkat berat) karena dapat meningkatkan tekanan darah.

4.      BATASI MINUM ALKOHOL
Minum alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah, menyebabkan resistensi pada terapi antihipertensi, dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, serta dapat menaikkan berat badan Anda. Rekomendasi untuk konsumsi alkohol bagi perempuan dibatasi tidak lebih dari 2-3 gelas sehari dan laki-laki 3-4 gelas sehari. Alangkah lebih baik lagi jika Anda tidak mengkonsumsi alkohol.

5.      MAKAN SEHAT DENGAN DIET SEIMBANG
Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, kurangi konsumsi lemak dan kolesterol, dan tingkatkan jumlah asupan potasium, magnesium, dan kalsium. Selain itu, mengurangi konsumsi garam akan berdampak positif pada kesehatan Anda.

6.      KENDALIKAN STRES DAN LAKUKAN RELAKSASI
Stres yang tidak terkendali merupakan salah satu faktor terpenting yang menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah. Sempatkan diri Anda untuk melakukan relaksasi seperti meditasi, stretching, yoga, massage atau curhat, sehingga dapat mengurangi stres Anda dan Anda akan terhindar dari peningkatan tekanan darah atau risiko hipertensi.

7.      PERIKSA TEKANAN DARAH ANDA SECARA BERKALA
Mengukur tekanan darah secara berkala dapat membantu Anda untuk memantau keberhasilan terapi dan mencegah risiko hipertensi yang lebih parah.

Sumber :

  1. High blood pressure: Take steps to control it, http://www.mayoclinic.com/health/ high-blood-pressure/HI00027
  2. High blood pressure: 5 ways to lower blood pressure without drugs, http://www.mayoclinic.com/health/high-blood-pressure/HI00050
  3. Gaya Hidup Cegah Hipertensi, http://www.resep.web.id/index.php
  4. http://www.prodia.co.id/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s